Langsung ke konten utama

3 Hal Lucu dalam Dunia Blogging

Meskipun bukan pelawak, saya suka humor karena ia mampu membukakan mata kita akan sesuatu di balik apa yang tampak. Pun saya suka humor karena ia sering membuat kita tertawa, satu hal yang menurut Victor Borge merupakan jarak terdekat antara dua manusia, "Laughter is the shortest distance between two people".

Ngomong-ngomong soal humor, ternyata bukan hanya Opera Van Java (salah satu acara komedi di stasiun televisi swasta Indonesia) yang bisa mengocok perut, dunia blogging pun sering membuat kita terpingkal. Dunia yang penghuninya makin hari makin padat ini sering menyajikan kelucuan-kelucuan yang terkadang jauh lebih segar dari lawakan Aziz Gagap ataupun Tukul.

Nah, 3 hal berikut adalah kelucuan-kelucuan (yang saya temukan) di blogosphere.

  1. Berbagi tips yang hanya berlaku untuk orang lain. Betapa sering saya singgah di blog yang berisi uraian-uraian lengkap tentang cara menaikkan trafik, meraih penghasilan melalui blog, atau pentingnya memiliki template yang valid. Saya yakin Anda pun pasti pernah menemukan blog semacam itu.

    Di internet memang banyak bertebaran blog dengan topik-topik di atas. Namun lucunya, pada saat yang sama blog tersebut ternyata masih berkubang di angka 20 jutaan ke atas pada rangking Alexa, banner-banner iklannya masih berbunyi "Your Ad Here", templatenya pun babak belur pada saat divalidasi dengan W3C Markup Validation Service. Bukankah ini lucu?

    Mohon jangan salah paham, saya tidak bermaksud mengajak Anda memuja Neng Alexa atau mengatakan bahwa blog ini sudah menghasilkan banyak uang serta template-nya valid. Tidak! Saya hanya ingin mengemukakan bahwa blogger pun bisa melucu.

  2. Berkomentar tanpa terlebih dahulu membaca posting. Pada beberapa blog saya suka mendapatkan pengomentar yang, mungkin karena terlalu "cerdas", merasa dapat menangkap inti tulisan cukup dengan membaca judul, bagian awal, serta penutup tulisan bersangkutan.

    Si pengomentar kemudian memberi tanggapan yang, lucunya, menyanggah pendapat si penulis tentang suatu hal yang, seandainya dia tidak melewatkan bagian isi tulisan akan mengetahui bahwa, sebenarnya si penulis pun tidak menyetujuinya. Si pemilik blog yang kebetulan humoris kemudian mengabaikan komentar tersebut dengan sedikit mengulum senyum karena tahu bahwa si pengomentar sedang melucu.

  3. Bagi-bagi Award. Sebenarnya tidak ada yang lucu dalam bagi-bagi award jika tujuannya untuk menjalin kedekatan dan keakraban apalagi jika si penerima award adalah orang yang sudah lama kita kenal. Tapi akan menjadi lucu jika award tersebut dibagikan kepada blogger yang tidak kita kenal sama-sekali plus sedikit "paksaan" agar award tersebut dipostingkan. Buat saya hal ini merupakan modus terlucu untuk mencari backlink.

Tulisan ini semata-mata saya buat karena saya penggemar humor. Konon, orang dengan tingkat sense of humor tinggi cenderung memiliki pandangan lebih sehat terhadap kehidupan seperti diungkap dalam psychologytoday.com. Saya kemudian berpikir, mungkin asyik juga jika suatu saat blog ini dibuat lebih humoris biar gak cepat tua. hehehe...

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Adobe Illustrator: Menambahkan Elemen Teks

Selain gambar dengan bentuk-bentuk dasar seperti persegi, garis, dan elips, kita juga dapat menambahkan elemen teks pada kreasi desain yang dibuat dengan Adobe Illustrator. Salah satu tool yang tersedia untuk membuat elemen teks ini adalah Type Tool . Teks-teks yang telah dibuat selanjutnya dapat kita atur jenis, ukuran, atau warna hurufnya sesuai dengan kebutuhan. Tidak sedikit desainer yang telah membuat kreasi-kreasi logo menakjubkan dengan semata-mata mengandalkan elemen teks ini. Beberapa dari karya-karya text-based design ini dapat kita lihat di www.1stwebdesigner.com ( 50 Creative Type-Based Logo Designs For Inspiration ) dan smashinghub.com ( 50 Cool Text Logo Designs ). Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara menambahkan elemen teks beserta pengaturan-pengaturannya pada sebuah desain vektor.

Angkot: Free Vector Graphic

Terinspirasi oleh beberapa teman saya yang berprofesi sebagai sopir angkot (Angkutan Kota), saya membuat sebuah vector graphic berbentuk kendaraan yang menjadi sumber utama penghasilan teman-teman saya tersebut. Vector graphics berbentuk angkot ini saya buat dalam empat pilihan warna yaitu merah , hijau, kuning, dan biru. Keterangan Format file yang digunakan: PNG ( Portable Network Graphic ). Lebar dan tinggi vektor: 1024 pixels x 775 pixels. Ukuran file per satu vektor (berdasarkan warna): 228 -237 KB. Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 .

Membuat Gambar Vektor Tali Tambang

Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara membuat gambar vektor tambang, sejenis tali yang biasa kita gunakan untuk mengikat atau melilit sesuatu. Saya menggunakan Rectangle Tool dan Pen Tool untuk membuat gambar vektor tersebut dalam tutorial ini. Lilitan pada tambang menggunakan pattern brush yang akan kita buat sendiri, dengan panduan warna coklat terang dan gelap.