Langsung ke konten utama

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui sebelum Memutuskan Menjadi Blogger

Setiap orang bisa menjadi blogger. Membuat alamat blog sama mudahnya dengan membuat alamat email atau akun Facebook.

Di internet, akan Anda temukan banyak informasi tentang bagaimana membuat blog plus jutaan tips dan trik bagaimana memoles blog serta membuatnya menempati posisi teratas di SERP (Search Engine Result Page).

Jika Anda sudah membulatkan tekad menceburkan diri pada dunia blogging, maka 5 hal berikut layak Anda ketahui. Kelima hal ini bukanlah tips yang akan menjamin kesuksesan karir blog Anda, tapi anggaplah sebagai pengantar yang mudah-mudahan dapat semakin meratakan niat Anda menjadi blogger.

  1. Kamampuan menulis bukan hal utama. Umumnya blog memang berisi tulisan, tapi menulis bukanlah prasyarat yang harus Anda penuhi untuk menjadi blogger. Apabila Anda suka jeprat-jepret, Anda dapat memosting karya-karya fotografi Anda melalui media blog. Blog seperti ini biasa disebut photoblog, dan Anda tetap layak disebut blogger. Dalam photoblog, foto-lah yang mendominasi posting. Kalaupun ada teks, biasanya berupa penjelasan singkat berkenaan dengan foto yaang diposting yang panjangnya tidak lebih dari 1 atau 2 kalimat.

    Selain foto, Anda juga bisa memosting video di blog (video blogging). Sama halnya dengan photoblog, teks dalam video blogging tidaklah dominan. Video-lah yang menjadi konten utama.

  2. Anda bisa ngeblog secara gratis. Seperti telah disebutkan di bagian awal, membuat blog sama mudahnya dengan membuat alamt email. Tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun (kecuali untuk biaya koneksi internet) Anda sudah dapat memiliki alamat blog Anda sendiri dengan mudah. Layanan blog gratis ini cukup banyak dan Anda bisa memilih salah satunya yang menurut Anda praktis dan mudah digunakan, misalnya Blogger, Wordpress.com, dan Livejournal.

  3. Posting APA saja, terserah Anda! Pada dasarnya, tidak ada aturan baku mengenai topik yang harus Anda postingkan di blog. Anda bisa ngomongin apa saja yang menurut Anda menarik, misalnya hobi, pengalaman sehari-hari, resensi, cerpen, humor, cerita anak, atau bahkan nyentil politisi. Semuanya Anda yang menentukan!

  4. Posting KAPAN saja, terserah Anda! Sama halnya dengan poin 3 di atas, Anda tidak perlu khawatir tentang kepan dan berapa kali sebaiknya Anda meng-update blog Anda. Tidak ada aturan baku. Jika Anda memang produktif, Anda bisa meng-update blog Anda sesering mungkin dalam sehari. Meskipun demikian, Anda tidak perlu memaksakan diri menulis pada saat Anda memang tidak mau menulis. Anda boleh menulis 1 bulan sekali, 2 bulan sekali, atau 1 tahun sekali! Jangan tambah derita Anda dengan melakukan yang tidak Anda sukai! hahaha. Barangkali Anda baru harus meng-update blog sesering mungkin jika tujuan Anda ngeblog adalah mencari penghasilan, bukan sekadar hobi.

  5. Siap dikritik. Ketika Anda terjun ke dunia blogging, maka semua gagasan yang Anda tuangkan di blog menjadi konsumsi publik. Anda pun harus siap mendapat berbagai tanggapan dari mereka yang kebetulan berkunjung ke blog Anda, positif maupun negatif.


Selamat ngeblog! Semoga selamat sampai ke tujuan!

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Adobe Illustrator: Menambahkan Elemen Teks

Selain gambar dengan bentuk-bentuk dasar seperti persegi, garis, dan elips, kita juga dapat menambahkan elemen teks pada kreasi desain yang dibuat dengan Adobe Illustrator. Salah satu tool yang tersedia untuk membuat elemen teks ini adalah Type Tool . Teks-teks yang telah dibuat selanjutnya dapat kita atur jenis, ukuran, atau warna hurufnya sesuai dengan kebutuhan. Tidak sedikit desainer yang telah membuat kreasi-kreasi logo menakjubkan dengan semata-mata mengandalkan elemen teks ini. Beberapa dari karya-karya text-based design ini dapat kita lihat di www.1stwebdesigner.com ( 50 Creative Type-Based Logo Designs For Inspiration ) dan smashinghub.com ( 50 Cool Text Logo Designs ). Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara menambahkan elemen teks beserta pengaturan-pengaturannya pada sebuah desain vektor.

Angkot: Free Vector Graphic

Terinspirasi oleh beberapa teman saya yang berprofesi sebagai sopir angkot (Angkutan Kota), saya membuat sebuah vector graphic berbentuk kendaraan yang menjadi sumber utama penghasilan teman-teman saya tersebut. Vector graphics berbentuk angkot ini saya buat dalam empat pilihan warna yaitu merah , hijau, kuning, dan biru. Keterangan Format file yang digunakan: PNG ( Portable Network Graphic ). Lebar dan tinggi vektor: 1024 pixels x 775 pixels. Ukuran file per satu vektor (berdasarkan warna): 228 -237 KB. Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 .

Membuat Gambar Vektor Tali Tambang

Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara membuat gambar vektor tambang, sejenis tali yang biasa kita gunakan untuk mengikat atau melilit sesuatu. Saya menggunakan Rectangle Tool dan Pen Tool untuk membuat gambar vektor tersebut dalam tutorial ini. Lilitan pada tambang menggunakan pattern brush yang akan kita buat sendiri, dengan panduan warna coklat terang dan gelap.