Langsung ke konten utama

Abaikan Orang Lain dan Jadilah Kreatif!

Sementara kalangan menganggap bahwa kreatifitas adalah bakat (talent) yang tidak setiap orang memilikinya. Anggapan ini mungkin lebih tepat disebut apologi daripada menggambarkan kenyataan sesungguhnya. Anggapan ini kerap muncul berbarengan dengan ketidakmampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu persoalan. Padahal bisa jadi ketidakmampuan tersebut diakibatkan oleh ketidakmampuan melihat alternatif.

Pada dasarnya setiap kita adalah kreatif. Namun barangkali tidak setiap kita tahu bagaimana menggunakannya karena dalam banyak hal kita sering terbentur (atau sengaja membenturkan diri) dengan jutaan aturan, cara, sudut pandang orang lain yang kita ambil secara taken for granted.

Pandangan, saran, atau bahkan stigma negatif sekalipun memang bukannya tidak bermanfaat sama sekali terutama untuk hal-hal yang memang benar-benar baru untuk kita. Namun itu hanya berlaku pada tahan awal.

Selanjutnya, menggantungkan segala sesuatu semata-mata pada pendapat orang lain (entah itu profesor sekalipun) dapat menyesatkan! Sikap kritis menjadi buyar dan proses kreatif pun terhenti. Ketika proses kreatif berhenti, maka kehidupan pun akan sulit berevolusi (hahaha...).

Sikap mengabaikan (pendapat) orang lain dianggap perlu jika kita ingin menjadi kreatif. Demikian ungkap Hugh MacLeod, dalam ebooknya yang berjudul How To Be Creative. Pengetahuan orang lain tidaklah seluas dan sedalam pengetahuan Anda terhadap dunia Anda sendiri. Di samping itu, mereka bisa saja menyayangi Anda, tapi biasanya mereka menginginkan Anda seperti adanya sekarang bukan sebagaimana Anda akan berubah seiring dengan ide besar Anda, karena gagasan besar sering menimbulkan perubahan pada diri si penggagas. Demikian MacLeod melanjutkan.

Setuju atau tidak dengan pendapat MacLeod di atas, dalam kenyataanya sering kita temui orang-orang kreatif yang pada awalnya kita cemooh karena gagasan gilanya, tetapi kemudian malah dipuja setelah gagasanya terbukti berguna dan workable.

Orang-orang kreatif ada di mana-mana; dalam dunia bisnis, agama, pemerintahan, seni, iptek, pendidikan, atau bahkan blogging. Ciri utama dari orang kreatif adalah sering merasa tidak puas dengan apa yang secara populer diterima, dan pada saat yang sama menacari alternatif lain dan konsisten dengan keputusannya, tak peduli apa yang orang lain katakan. Mun ceuk urang Sunda mah neugtreug!.

Nah, jika Anda setuju bahwa Anda memang kreatif, sama kreatifnya dengan Da Vinci, cobalah baca tulisan ini dengan posisi monitor terbalik atau dari jarak 10 meter!

Coba juga asosiasikan tulisan ini dengan kematian Michael Jackson dan kekalahan timnas Indonesia dari timnas Malaysia pada final Piala AFC! Jika Anda justru merasa menjadi tidak kreatif setelah membaca tulisan ini, maka anggaplah tulisan ini tidak pernah ada, dan jangan pernah membelenggukan diri dengan apa yang Anda temukan di sini! hehehe...

Salam kreatif! Merdeka!!

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Adobe Illustrator: Menambahkan Elemen Teks

Selain gambar dengan bentuk-bentuk dasar seperti persegi, garis, dan elips, kita juga dapat menambahkan elemen teks pada kreasi desain yang dibuat dengan Adobe Illustrator. Salah satu tool yang tersedia untuk membuat elemen teks ini adalah Type Tool . Teks-teks yang telah dibuat selanjutnya dapat kita atur jenis, ukuran, atau warna hurufnya sesuai dengan kebutuhan. Tidak sedikit desainer yang telah membuat kreasi-kreasi logo menakjubkan dengan semata-mata mengandalkan elemen teks ini. Beberapa dari karya-karya text-based design ini dapat kita lihat di www.1stwebdesigner.com ( 50 Creative Type-Based Logo Designs For Inspiration ) dan smashinghub.com ( 50 Cool Text Logo Designs ). Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara menambahkan elemen teks beserta pengaturan-pengaturannya pada sebuah desain vektor.

Angkot: Free Vector Graphic

Terinspirasi oleh beberapa teman saya yang berprofesi sebagai sopir angkot (Angkutan Kota), saya membuat sebuah vector graphic berbentuk kendaraan yang menjadi sumber utama penghasilan teman-teman saya tersebut. Vector graphics berbentuk angkot ini saya buat dalam empat pilihan warna yaitu merah , hijau, kuning, dan biru. Keterangan Format file yang digunakan: PNG ( Portable Network Graphic ). Lebar dan tinggi vektor: 1024 pixels x 775 pixels. Ukuran file per satu vektor (berdasarkan warna): 228 -237 KB. Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 .

Membuat Gambar Vektor Tali Tambang

Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara membuat gambar vektor tambang, sejenis tali yang biasa kita gunakan untuk mengikat atau melilit sesuatu. Saya menggunakan Rectangle Tool dan Pen Tool untuk membuat gambar vektor tersebut dalam tutorial ini. Lilitan pada tambang menggunakan pattern brush yang akan kita buat sendiri, dengan panduan warna coklat terang dan gelap.