Langsung ke konten utama

Hosting Murah Belum Tentu Murahan

Seperti kita ketahui di dunia internet kini banyak bermunculan penyedia hosting termasuk di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah tuntutan kebutuhan para pengguna internet di Indonesia yang jumlahnya terus meningkat. Kini internet tidak lagi dimonopoli oleh kaum intelek dan para pelajar tertentu tetapi sudah merambah dan berkembang ke semua kalangan termasuk para pelaku bisnis offline.

Dunia online bagi para pengusaha kini dapat menjadi sumber promosi yang sangat menjanjikan dan cukup ampuh dengan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan metode promosi offline atau melalui media televisi.

Tidak sedikit para pelaku bisnis mengembangkan sayap usahanya di dunia maya seiring semakin bertambahnya jumlah pembeli yang melakukan transaksi melalui internet. Mereka (para pembeli) melakukan ini karena proses transaski via internet dapat lebih mudah, lebih lancar, dan lebih bebas ketika memilih suatu prosuk yang dibutuhkan tanpa pengawasan petugas keamanan dan CCTV :).

Meskipun kemudahan dan keluwesan bertransaksi di internet lebih mudah dan lebih flexibel, bukan berarti 100% bebas dari unsur kejahatan, banyak kasus penipuan yang dilakukan dengan berbagai modus oleh pihak pembeli atau pun penjual walaupun lebih sering pembeli yang menjadi korban. Dengan demikian kehati-hatian di dalam memilih  adalah hal penting, perlu, dan tidak boleh dinomorduakan sebelum membeli suatu produk atau jasa.

Bisnis yang dapat dilakukan melalui internet sangat beragam dan semuanya dapat menjanjikan kuntungan besar jika dilakukan dengan benar. Bisnis tersebut antara lain menjual produk sendiri melalui jejaring sosial, forum, iklan baris, atau toko online. Jika kita bermaksud untuk membuat situs untuk keperluan bisnis seperti situs toko online dan situs jual-beli, mau tidak mau kita membutuhkan hosting untuk menyimpan database dan berkas-berkas yang diperlukan dan hal ini dapat kita peroleh dari penyedia hosting.

Banyaknya penyedia hosting di Indonesia mungkin untuk beberapa orang awam dapat membingungkan tetapi hal ini dapat diantisipasi dengan bertanya kepada para master/senior melalui forum dan jejaring sosial. Di antara penyedia hosting ada yang memberikan fitur gratis bagi pengguna meskipun dengan syarat dan kententuan khusus dan dengan fitur yang serba terbatas. Jika Anda pelaku bisnis yang akan akan membangun situs untuk keperluan bisnis, sebaiknya tidak menggunakan layanan hosting gratis untuk reputasi bisnis Anda.

Jika masih dalam tahap awal, Anda dapat mengunakan layanan hosting murah ketimbang yang gratisan karena banyak penyedia hosting murah yang memberikan fitur dan fasilitas yang cukup memadai untuk situs yang baru lahir. Dengan kata lain sebenarnya hosting murah belum tentu murahan meskipun pada umumnya hosting mahal lebih baik dari hosting murah, apalgi jika dibandingkan dengan hosting gratisan.

Anda berpendapat lain? Silakan sharing di sini.

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Adobe Illustrator: Menambahkan Elemen Teks

Selain gambar dengan bentuk-bentuk dasar seperti persegi, garis, dan elips, kita juga dapat menambahkan elemen teks pada kreasi desain yang dibuat dengan Adobe Illustrator. Salah satu tool yang tersedia untuk membuat elemen teks ini adalah Type Tool . Teks-teks yang telah dibuat selanjutnya dapat kita atur jenis, ukuran, atau warna hurufnya sesuai dengan kebutuhan. Tidak sedikit desainer yang telah membuat kreasi-kreasi logo menakjubkan dengan semata-mata mengandalkan elemen teks ini. Beberapa dari karya-karya text-based design ini dapat kita lihat di www.1stwebdesigner.com ( 50 Creative Type-Based Logo Designs For Inspiration ) dan smashinghub.com ( 50 Cool Text Logo Designs ). Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara menambahkan elemen teks beserta pengaturan-pengaturannya pada sebuah desain vektor.

Angkot: Free Vector Graphic

Terinspirasi oleh beberapa teman saya yang berprofesi sebagai sopir angkot (Angkutan Kota), saya membuat sebuah vector graphic berbentuk kendaraan yang menjadi sumber utama penghasilan teman-teman saya tersebut. Vector graphics berbentuk angkot ini saya buat dalam empat pilihan warna yaitu merah , hijau, kuning, dan biru. Keterangan Format file yang digunakan: PNG ( Portable Network Graphic ). Lebar dan tinggi vektor: 1024 pixels x 775 pixels. Ukuran file per satu vektor (berdasarkan warna): 228 -237 KB. Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 .

Membuat Gambar Vektor Tali Tambang

Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara membuat gambar vektor tambang, sejenis tali yang biasa kita gunakan untuk mengikat atau melilit sesuatu. Saya menggunakan Rectangle Tool dan Pen Tool untuk membuat gambar vektor tersebut dalam tutorial ini. Lilitan pada tambang menggunakan pattern brush yang akan kita buat sendiri, dengan panduan warna coklat terang dan gelap.