Langsung ke konten utama

Special Recent Posts: Plugin Wordpress untuk Portal Berita

Tidak hanya untuk ngeblog, Wordpress saat ini banyak pula digunakan sebagai CMS untuk membangun portal berita, sejenis laman online yang memublikasikan berbagai berita (news) atau fitur-fitur lain seperti yang biasa kita temukan di koran-koran, tabloid, dan majalah. Jenis laman ini sering pula disebut "online magazine".

Salah satu ciri umum dari portal berita ini adalah penggunaan relatif masif foto-foto pada setiap berita yang dimuat. Hal ini dapat dimaklumi mengingat sifat berita —dalam dunia jurnalistik—bukanlah opini dan harus disajikan seakurat mungkin sehingga keberadaan foto-foto tersebut bisa menjadi penegas akan hal ini.

Membuat portal berita dengan Wordpress yang, secara fitrah lahir sebagai blogging tool, tidaklah terlalu sulit. Selain templat, banyak pengaya (plugin) yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berbayar maupun free.

Salah satu plugin gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat online magazine dengan Wordpress ini adalah Special Recent Posts karya Luca Grandicelli yang, hingga artikel ini ditulis, telah diunduh tidak kurang dari 160 ribu kali.

Plugin Wordpress Special Recent Posts

Seperti namanya, Special Recent Posts ini digunakan untuk menyajikan artikel-artikel terakhir, tetapi dilengkapi fasilitas untuk menampilkan thumbnail yang ukurannya bisa kita tentukan sendiri. Untuk artikel tanpa foto, plugin ini akan otomatis menampilkan gambar default yang juga bisa kita buat sendiri dengan mengunggahnya ke folder wp-content/plugins/special-recent-posts/assets/images/icons/. Ukuran gambar default yang kita buat ini sebaiknya disesuaikan dengan ukuran thumbnail yang telah ditentukan.

Selain pengaturan thumbnail, kita juga dapat memberikan beberapa pengaturan lain untuk Special Recent Posts ini seperti penentuan jumlah artikel, kategori untuk menyaring artikel, serta model tampilan yang digunakan apakah hanya akan menampilkan thumbnail, thumbnail-judul artikel, atau kombinasi thumbnail-judul-artikel.

Berikut adalah contoh tampilan Special Recent Posts yang saya ambil dari laman almarwah.sch.id.

Contoh tampilan plugin Wordpress Special Recent Posts

Kita bisa mengaktifkan Special Recent Posts ini melalui widget atau dengan cara menambahkan langsung potongan kode berikut pada bagian templat yang kita inginkan.

<?php
    if(function_exists('special_recent_posts')) {
        special_recent_posts($args);
    }
?>

Special Recent Posts tersedia dalam dua versi, free dan pro. Versi free dapat diunduh dari laman resmi plugin Wordpress. Versi pro tersedia di laman www.specialrecentposts.com. Untuk versi Pro, kita mendapatkan 60 lebih pilihan kustomisasi dan dapat dengan mudah ditampilkan dalam bentuk multi-kolom.

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Adobe Illustrator: Menambahkan Elemen Teks

Selain gambar dengan bentuk-bentuk dasar seperti persegi, garis, dan elips, kita juga dapat menambahkan elemen teks pada kreasi desain yang dibuat dengan Adobe Illustrator. Salah satu tool yang tersedia untuk membuat elemen teks ini adalah Type Tool . Teks-teks yang telah dibuat selanjutnya dapat kita atur jenis, ukuran, atau warna hurufnya sesuai dengan kebutuhan. Tidak sedikit desainer yang telah membuat kreasi-kreasi logo menakjubkan dengan semata-mata mengandalkan elemen teks ini. Beberapa dari karya-karya text-based design ini dapat kita lihat di www.1stwebdesigner.com ( 50 Creative Type-Based Logo Designs For Inspiration ) dan smashinghub.com ( 50 Cool Text Logo Designs ). Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara menambahkan elemen teks beserta pengaturan-pengaturannya pada sebuah desain vektor.

Angkot: Free Vector Graphic

Terinspirasi oleh beberapa teman saya yang berprofesi sebagai sopir angkot (Angkutan Kota), saya membuat sebuah vector graphic berbentuk kendaraan yang menjadi sumber utama penghasilan teman-teman saya tersebut. Vector graphics berbentuk angkot ini saya buat dalam empat pilihan warna yaitu merah , hijau, kuning, dan biru. Keterangan Format file yang digunakan: PNG ( Portable Network Graphic ). Lebar dan tinggi vektor: 1024 pixels x 775 pixels. Ukuran file per satu vektor (berdasarkan warna): 228 -237 KB. Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 .

Membuat Gambar Vektor Tali Tambang

Tutorial Adobe Illustrator kali ini akan menjelaskan cara membuat gambar vektor tambang, sejenis tali yang biasa kita gunakan untuk mengikat atau melilit sesuatu. Saya menggunakan Rectangle Tool dan Pen Tool untuk membuat gambar vektor tersebut dalam tutorial ini. Lilitan pada tambang menggunakan pattern brush yang akan kita buat sendiri, dengan panduan warna coklat terang dan gelap.